Sejarah Perusahaan

PDAM Tirta Galuh Kabupaten Ciamis baru secara resmi berdiri sejak tanggal 1 Agustus 1988 dimana dikeluarkan Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 9 Tahun 1988. Perda tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan, diantaranya dengan Perda No.1 Tahun 2004 tentang Pendirian PDAM, kemudian Perda No. 9 Tahun 2005, tentang perubahan atas Perda No.1 Tahun 2004, Perda No. 10 Tahun 2008 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Galuh Kabupaten Ciamis, Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 10 Tahun 2015 tanggal 3 Nopember 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 10 Tahun 2008 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Galuh Kabupaten Ciamis dan terakhir Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 04 tahun 2022 tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Galuh, Perda ini mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang kemudian merubah nomenklatur menjadi Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA).

PDAM Tirta Galuh melayani wilayah Kabupaten Ciamis. Secara geogafis wilayahnya terletak antara 7˚,40˚ ~7˚, 41˚,20˚ lintang selatan dan 108˚,20˚~108˚,

40˚ Bujur Timur. Posisi wilayah Kabupaten Ciamis berada di wilayah timur bagian selatan provinsi Jawa Barat, yang secara langsung berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Kabupaten Ciamis sampai dengan periode Desember 2017 memiliki jumlah pelanggan sebanyak 20.623 Sambungan Langganan dengan jumlah pelayanan sekitar 220.912 jiwa dari

492.768 jiwa jumlah penduduk daerah pelayanan. Dengan penduduk Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran sekitar 1,720,280 jiwa (tahun 2017), maka secara keseluruhan tingkat pelayanan baru mencapai 7,03%. Pelayanan PDAM Tirta Galuh Ciamis meliputi 16 (enam belas) kecamatan di Kabupaten Ciamis yang dibedakan dalam 4 cabang yaitu: Ciamis (Kota), Sindangkasih, Kawali dan Bapamapurla (Banjarsari, Purwadadi dan Lakbok) dan 2 unit pelayanan yaitu: Cisaga dan Panumbangan.

Visi

Menjadi Perusahaan Terpercaya Dalam Pelayanan Yang Handal Dan Profesional.


Misi

Memberikan pelayanan yang handal kepada pelanggan dalam hal Kualitas, Kuantitas, dan Kontinuitas sehingga dapat meningkatkan derajat Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat.